Cara Membuat Blog

Kemarin, saat saya sedang asik menulis blog saya, tiba-tiba teman saya menghampiri saya dan berkata “ Wih ngeblog yah, udah berapa lama ngeblog?” Saya jawab “Ya sudah sekitar 3 tahun lah kalau dihitung bersihnya, walau gak selalu aktif .” dan yang membuat saya terkejut, ternyata dia tertarik juga untuk membuat blog karena melihat pengunjung saya diblog saya sudah mencapai 36.000 pengunjung. Mungkin keinginan teman saya juga dialami oleh para pembaca yang sering membaca blog dan ingin memiliki blog secara pribadi.

Memang saya akui, kemampuan saya blog masih jauh dari kata mahir. Namun, saya akan membagikan sedikit tips buat para pembaca tentang bagaimana cara membuat sebuah blog. Namun sebelum itu, kita harus tau arti sebenarnya dari blog itu sendiri. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (sumber : Wikipedia)

Blog sendiri dibuat oleh pemiliknya dengan berbagai tujuan, seperti untuk berbagi pengalaman hidupnya, memberikan pengetahuan, sebagai situs jual beli dan masih banyak lagi tergantung minat dan tujuan sang pemilik. Tujuan saya sendiri ketika membuat blog adalah untuk berbagai pengalaman sendiri, saya juga ingin berbagi pengetahuan serta membuat bacaan yang bisa menghibur para pembaca. Mungkin bagi pembaca yang memang punya keinginan untuk membuat blog, pertama-tama yang anda harus lakukan adalah menetapkan untuk apa anda membuat blog dan tema apa yang akan mewarnai isi dari blog anda, sebab dua hal tersebut yang membuat blog anda layak dibaca selain dari desain blog dan faktor lain yang akan saya bahas di tulisan saya selanjutnya. Jika sudah, inilah adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat blog, disini saya memakai situs www.blogger.com

1.   Anda harus memiliki sebuah akun gmail. Jika anda belum mempunyainya, anda bisa                 mendaftarkan diri pada situs gmail di www.gmail.com .

2.   Setelah sudah siap dengan sebuah akun gmail, silahkan ada buka situs www.blogger.com dan buat akun.

3.    Setelah selesai mendaftarkan akun blog anda, anda kan memasuki halaman awal blogger dan klik tulisan buat blog baru.


4.  Ikuti gambar yang ada dibawah ini


5.   Selamat anda sudah memiliki sebuah blog.


Itulah sedikit petunjuk dari saya bagaimana cara membuat blog, di tulisan saya yang akan datang saya akan memberikan langkah-langkah membuat tulisan dan bagaimana mengaturnya.
Previous
Next Post »
Hak Cipta Dilindungi Oleh TUHAN YANG MAHA ESA. Diberdayakan oleh Blogger.