Hal Unik Dibalik Aktifitas Menguap


Semua pasti pernah menguap, baik saat dia mengantuk ataupun sedang beraktifitas sekalipun. Setiap orang memiliki intensitas menguap yang berbeda tergantung berbagai faktor disekitarnya. Selain karena mengantuk, ternyata banyak hal-hal lainnya yang dapat membuat kita menguap. Berikut adalah beberapa fakta-fakta tentang menguap ;

1. Menguap ternyata dapat menular
 
Menguap dapat menular
Mungkin terdengar sedikit aneh, namun dari hasil penelitian Steven Platek Ph.d. , seorang profesor psikologi di universitas drexel,philadelpia, meyakini bahwa ketika seseorang ikut menguap ketika orang disekitarnya menguap, berarti individu itu sedang menunjukkan empatinya pada individu yang menguap itu. Menguap tidak menular tidak hanya ketika melihat orang lain menguap, tetapi bisa juga dikarenakan oleh mendengar, membaca, atau bahkan hanya karena berpikir tentang menguap,”

2. Menguap untuk menjaga suhu otak

Ketika kita menguap,terkadang kita berfikir bahwa kita sedang mengantuk, namun menguap merupakan cara kerja otak kita ketika sedang berusaha memaksimalkan konsentrasi.Menurut Gordon Gallup,seorang ahli psikologi, didalam penelitiannya menemukan sebuah hal unik bahwa menguap itu merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga suhu otak kita.

Hasil penelitiannya diperkuat dengan uji coba yang dilakukannya di Universitas Albany. Beberapa mahasiswa diminta untuk menyaksikan rekaman orang yang sedang menguap. Kelompok pertama diminta untuk mengompres kepalanya dengan kompres dingin,dan kelompok dua kepalanya tidak dikompres dan sebagian dikompres dengan kompres panas. Hasilnya,kelompuk pertama tidak ikut-ikutan menguap sedangkan kelompok kedua tertular ikut menguap.

3. Sering menguap pertanda ada yang tidak beres dengan tubuh
 
Terlalu lelah dapat membuat kita sering menguap
Menguap adalah kebiasaan yang wajar,namun ketika aktifitas menguap sudah melampaui batas normal mungkin saja itu merupakan pertanda dari tubuh kita bahwa sedang ada masalah dengan bagian dalam tubuh kita. Ada baiknya kita mewaspadainya dan mungkin ini beberapa masalah dalam tubuh kita ketika kita menguap melebih batas normal ;

1.     Mengalami gangguan saraf, seperti multiple sclerosis dan amyotropic lateral sclerosis
2.     Tekanan darah rendah

3.     Tubuh sudah terlalu lelah
Previous
Next Post »
Hak Cipta Dilindungi Oleh TUHAN YANG MAHA ESA. Diberdayakan oleh Blogger.