Salah Satu Kunci Kebahagiaan

        

        Hal-hal yang menurut saya cukup lucu namun sebenarnya menyedihkan saya alami beberapa hari ini, membuat saya sadar akan suatu hal. Saya menyadari bahwa diri saya jarang mesyukuri  hal-hal yang saya miliki dan sering sekali menengok dan membandingkan apa yang saya punya dengan orang lain. Sifat ini membuat saya selalu merasa kurang, kurang dan kurang padahal apa yang saya miliki sudah bisa dikatakan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan saya baik jasmani maupun rohani.

        Ada pribahasa yang mengatakan “rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri” dan menurut saya sebagian dari kita pasti memiliki pemikiran ini baik sadar maupun tidak. Padahal pemikiran seperti ini yang menutup hati dan pikiran kita untuk berpikir, merasakan dan mengucapkan rasa syukur kita. Kadang kita bahagia ketika orang yang kita suka memberikan lampu hijau kepada kita, namun kita tidak bisa meresponnya karena kita takut  kekurangan yang kita miliki tidak bisa diterima olehnya. Namun, ketika kita memiliki rasa syukur akan segala yang kita punya, kita akan memiliki semacam perisai yang membuat kekurangan kita menjadi kelebihan bahkan menjadi daya tarik yang melebihi kelebihan yang kita miliki.

         Bersyukur memang hal yang sangat sulit bahkan hampir mustahil kita bisa selalu bersyukur. Namun, sebuah pribahasa mengatakan “ Allah bisa karena biasa.” Kita harus terus melatih sifat kita dan menjadikannya kebiasaan, sehingga ketika kita berada dalam kondisi apapun bahkan yang terburuk sekalipun, kita dapat mengambil hikmah dan nilai positif serta yang terpenting bisa mensyukurinya. Hidup yang paling berbahagia bukanlah ketika kita memiliki harta yang melimpah, namun mempunya hati yang selalu memiliki sukacita. 
Previous
Next Post »
Hak Cipta Dilindungi Oleh TUHAN YANG MAHA ESA. Diberdayakan oleh Blogger.